Jumat, Maret 04, 2011

Healthy Simple Soup Ala Ratna

Catatan : Resep- resep dalam blog ini berdasar pengalaman pribadi saja, jadi tidak ada takaran khusus, karena masaknya berdasarkan feeling hehe...
kalo mau tuker pengalaman tentang porsi bumbunya silahkan comment ya...


Bahan (bisa dipilih terserah persediaan) :

- Air (yang ini wajib dong)

- Wortel

- Kol

- Brokoli

- Sawi putih

- Kembang kol

- Sawi hijau

- Buncis

Biasanya campuran yang aku pake antara wortel-kol-kembang kol, kalo pas punya brokoli ya tambah brokoli, kalo punya sawi putih ya pake juga. Biasanya kupilih sayur berdasarkan warnanya, biar menarik khan warnanya yang beda-beda gitu… dan biasanya juga gak lebih dari 4 jenis sayur (rata-rata 2-3 jenis).

Bumbu (dihaluskan) :

- Bawang putih

- Merica

- Garam

- Pala

Bumbunya simple banget ya…tadinya diajarin ibu dengan bumbu tanpa pala. Tapi setelah baca beberapa referensi yang pake pala setelah dicoba koq enak, akhirnya sekarang sop-ku ya pake pala. Kalo yang belum pernah pake pala, sekarang tersedia pala bubuk. Pakenya dikit aja. Atau kalo beli dari pasar tradisional, beli pala khan masih utuh tuh, buang dulu kulitnya, yang dipake bijinya. Iris sedikit aja, lalu ditumbuk bersama bumbu halus lain.

Bumbu Aromatik :

- Daun salam

- Daun jeruk

- Serai (boleh pakai, boleh tidak)

- Daun bawang (unclang)

- Seledri

Kalo kita gak pake bumbu aromatic ini rasanya jadi kurang sip masakannya. Baunya terutama, beda banget…secara, namanya aja bumbu aromatic. Daun bawangnya juga kupakai untuk nambahin warna hijaunya ke sayuran, juga seledrinya. Jadi kalo gak punya sayuran hijau di kulkas gak usah kuatir, ini bisa jadi pengganti.


Cara Memasak :


1. Masak air bersama bumbu halus, daun salam, daun jeruk dan serai. Tutup panci. Masak hingga mendidih beberapa saat.

2. Masukkan sayuran, urut dari yang keras ke yang lunak. Masak hanya sampai cukup matang saja.

3. Masukkan daun bawang dan seledri. Aduk aduk sebentar hingga cukup layu.

4. Matikan api. Angkat dan sajikan.

Catatan :

- Seringkali bumbu halus ditumis dulu agar lebih sedap. Tapi, agar meniadakan lemak jenuh pada sup, maka proses menumis itu ditiadakan. Rasanya tetap enak koq, jangan kuatir.

- Sayuran secara alami kaya enzim yang membantu pencernaan kita dan juga kaya nutrisi. Maka, minimalkanlah proses pemasakan agar nutrisinya tidak banyak hilang. Saya paling hanya memasukkan sayur selama 2 menit saja, lalu mulai memasukkan daun bawang dan seledri sebentar. Jadi rasa sayurnya saat dimakan ya masih krenyes-krenyes.

- Sup ini bila dimakan hangat juga sangat cocok saat kita masuk angin atau flu, karena bumbu rempahnya dan dan bumbu aromatic yang kaya minyak atsiri

2 komentar:

Sunarsasi Purnamandari mengatakan...

cie cie dah pinter masak nih, ntar mau kesana ah jadi juri icip icip..hehe

ratna fitri rahayuningsih mengatakan...

iya bulek...gak expert, tapi dah bisa laahh hehe. mari-mari maen ke jepara, kulo sugati macem-mace hehe

assalamu'alaikum....

hopefully this can be "something" for anybody