Selasa, Agustus 19, 2014

Homemade RAW ALMOND MILK

RAW ALMOND MILK
Yuk kita bikin sendiri. Mudah kok. Segar, 100% alami.
Jika tak ada almon, Anda bisa menggantinya dengan kenari (berkulit ari) maupun kacang mete.

[1] Siapkan 1 cup almon (berkulit ari). Cuci, bilas, rendam semalam.
[2] Tiriskan. Masukkan almon ke dalam mangkuk blender, tambahkan 2 cup air masak. Sebagai penambah rasa, bisa tambahkan 1/4 sdt garam dan 2 buah kurma yang sudah dibuang bijinya.
[3] Blender hingga almon halus. Sambil tetap diblender, tambahkan 2 cup air masak.
[4] Tuang ke dalam kantung kain-saring, peras hingga tiris. Jika belum punya, bisa disaring dengan saputangan bersih. [Lebih baik menggunakan saputangan daripada serbet, karena hasil saringan lebih lembut.]
[5] Tuang susu almon ke dalam botol/jar bersih, tutup rapat. Bisa langsung dikonsumsi. Bisa juga disimpan dalam lemari es. Tahan disimpan dan tetap enak hingga 4-7 hari.

TIP KULINER & TIP NUTRISI WIED HARRY:
[1] Selain dari almon, susu nabati ini bisa juga dibuat dari kenari (berkulit ari) maupun kacang mete, seluruhnya mentah - tanpa disangrai/dioven. Takaran dan caranya sama saja dengan membuat susu almon. Nutrisi almon, kenari, dan kacang mete hampir sama, terutama kaya dengan lemak sehat omega-3 dan omega-6, antara lain berfungsi hipolipidemik (mengendalikan kadar kolesterol/trigliserida darah), mencegah stroke dan serangan jantung. Kandungan lemak sehat ini akan banyak rusak jika almon, kenari, kacang mete dipanaskan/dimasak.
[2] Anda tidak perlu menambahkan kurma sebagai sumber pemanis alami jika air masak diganti dengan air kelapa muda. Rasa susu almon -maupun susu kenari atau susu kacang mete- sudah cukup manis bagi penikmat hidangan enak-sehat-alami. Jika suka, bisa juga ditambahkan 100 g kelapa muda yang masih "kemlamut" ketika memblender susu almon/susu kenari/susu kacang mete "segar" ini. Karena kelapa muda mengandung lesitin alami yang juga berfungsi sebagai pengemulsi (emulsifier), maka susu nabati dengan tambahan kelapa muda ini akan tidak mudah mengendap. Hanya saja, susu nabati berkelapa muda sebaiknya segera dihabiskan, karena kurang tahan lama.
[3] Jika belum punya cup, segera ... cari! Bisa diperoleh di toko bahan & alat kue maupun di ACE Hardware (maaf sebut nama). Banyak pilihannya. Mau yang mahal, ada. Mau yang murah-murah, juga ada. Kalau mau sehat, yuk buang segala alasan.

Anyway, ini copas dari FB nya pak Wied Harry Apriadji ya... 
Just click the link in picture below to go to the original site ^_^

Tidak ada komentar:

assalamu'alaikum....

hopefully this can be "something" for anybody